Objectives & Market Structure
Materi ini menyajikan pengantar dasar mengenai tujuan-tujuan yang dipersegui oleh perusahaan dan berbagai struktur pasar tempat mereka beroperasi. Secara esensial, perusahaan memiliki fokus utama pada pencapaian laba maksimal, namun demikian, tujuan lain seperti kelangsungan usaha dan pertumbuhan juga dapat menjadi pertimbangan. Struktur pasar, di sisi lain, diklasifikasikan ke dalam kategori persaingan sempurna, persaingan monopolistik, oligopoli, dan monopoli berdasarkan variabel-variabel seperti jumlah pelaku pasar, tingkat diferensiasi produk, hambatan masuk, dan kekuatan dalam menetapkan harga.
- Meskipun maksimalisasi laba merupakan tujuan utama bagi sebagian besar perusahaan, perusahaan-perusahaan baru yang lebih kecil atau yang tengah menghadapi krisis mungkin akan memprioritaskan kelangsungan usaha di atas pencapaian laba langsung.
- Sementara itu, tujuan pertumbuhan dan penguasaan pasar dapat mendorong perusahaan untuk menempatkan fokus pada ekspansi dan peningkatan pendapatan, walaupun hal tersebut mungkin mengakibatkan pengorbanan terhadap maksimalisasi laba dalam jangka pendek.
- Struktur pasar dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti jumlah pesaing, tingkat diferensiasi produk, hambatan untuk masuk ke pasar, dan kekuatan dalam menetapkan harga oleh perusahaan.
- Persaingan sempurna menggambarkan situasi teoritis yang ekstrem di mana terdapat banyak perusahaan yang sebanding, tanpa ada hambatan untuk masuk atau keluar dari pasar, dan perusahaan-perusahaan tersebut menerima harga pasar yang ditentukan oleh mekanisme pasar.
- Persaingan Monopolistik mengacu pada struktur pasar di mana terdapat banyak produsen atau penjual yang relatif kecil, namun menawarkan produk dengan sedikit perbedaan kualitatif atau lokasional.
- Oligopoli melibatkan sejumlah kecil perusahaan besar, diferensiasi produk yang tinggi, hambatan yang signifikan dalam masuk dan keluar pasar, dan saling ketergantungan antara perusahaan-perusahaan tersebut dalam menetapkan harga.
- Monopoli adalah struktur pasar di mana hanya ada satu penjual atau produsen tunggal yang mendominasi pasar untuk produk atau jasa tertentu. Ciri khas monopoli adalah tidak adanya pesaing yang signifikan, sehingga perusahaan monopoli memiliki kekuatan pasar yang besar dalam menetapkan harga.

0 Komentar